Warning: include_once(/home2/nansawen/blogging.co.id): failed to open stream: Success in /home2/nansawen/blogging.co.id/wp-settings.php on line 266

Warning: include_once(): Failed opening '' for inclusion (include_path='.:/opt/php54/lib/php') in /home2/nansawen/blogging.co.id/wp-settings.php on line 266

Warning: include_once(/home2/nansawen/blogging.co.id): failed to open stream: Success in /home2/nansawen/blogging.co.id/wp-settings.php on line 309

Warning: include_once(): Failed opening '' for inclusion (include_path='.:/opt/php54/lib/php') in /home2/nansawen/blogging.co.id/wp-settings.php on line 309
Klasifikasi Jenis Sayuran « Blogging.co.id – Pusat Blog Artikel dan Informasi Indonesia
Blog
Advertisement

Klasifikasi Jenis Sayuran

Diposkan pada: Oleh: Pada Kategori: Edukasi

Advertisement

Klasifikasi jenis sayuran terdiri dari ribuan species jenis tanaman sayuran di seluruh dunia. Sayuran merupakan jenis tanaman yang banyak jenisnya yang dikembangkan budidayanya di seluruh negara. Manfaat sayurann yang memang banyak mengandung nutrisi baik bagi tubuh ini tidak hanya baik untuk manusia namun, juga merupakan salah satu keseimbangan ekosistem di muka bumi ini. Banyaknya sayuran yang dihasilkan merupakan indikasi bahwa negara memiliki kekayaan alam dengan kondisi tanahnya yang baik seperti Indonesia ini.

Sayuran merupakan sumber makanan yang menyediakan nutrisi lengkap untuk kepentingan tubuh. Kandungan gizi bisa juga terdapat dari berbagai jenis makanan laut, daging-daginag dan lain sebagainya. Sayuran dikatakan lebih ramah untuk kesehatan tubuh, karena kandungan lemak pada sayuran hanya dalam kadar sedikit sangat jauh jika dibandingkan dengan jenis daging. Sayuran merupakan bahan makanan yang sehat dan juga lebih terjangkau dari pada sumber protein hewani. Segala kebaikan dari manfaat sayuran ini seharusnya bisa dirasakan oleh seluruh penduduk Indonesia karena Indonesia memang merupakan negara dengan hasil sayurnya yang melimpah.

Jenis Sayuran Umbi-Umbian

Jenis sayuran umbi-umbian terdiri dari wortel, bawang merah, ubi, singkong dan lain sebagainya. Jenis umbi seperti ubi dan singkong menyimpan nutrisi yang berguna sebagai karbohidrat layaknya makanan pokok. Berbeda dengan nasi, ubi dan singkong lebih rendah kadar gulanya. Bawang merah digunakan untuk rempah masakan untuk penyedapnya dan karena kandungannya yang hangat digunakan juga dalam pengobatan. Wortel merupakan jenis sayurang yang berguna sebagai sumber vitamin untuk kesehatan mata.

Jenis Sayuran Daun

Jenis sayuran daun banyak kita konsumsi sehari-hari seperti bayam, kangkung, daun singkong dan sebagainya. Daun-daunan juga sebagai penyedap makanan seperti daun seledri dan daun bawang juga termasuk ke dalamnya. Sayuran daun merupakan sumber vitamin A dan B yang mampu menunjang pertumbuhan, maka dari itu anak-anak sangat dianjurkan untuk mengkonsumsinya berbagai jenisnya setiap hari. Pengolahan sayuran daun juga banyak variasinya untuk dimasak, bisa dijadikan sup, di tumis dan juga di rebus sesuai selera.

Jenis Sayuran Kacang-Kacangan

Jenis sayuran kacang-kacangan berbentuk biji-bijian dan ada juga yang dibalut oleh lapisan luar seperti buncis dan kacang panjang. Kedelai, almond, kenari, mede dan sebagainya merupakan kacang-kacangan sebagai sumber protein nabati. Pada kacang-kacangan juga kaya serat sehat untuk kelancaran pencernaan. Bukan hanya sebagai sayuran yang dimasak namun, kacang juga sebagai bumbu berbagai masakan seperti gado-gado, karedok dan ketoprak. Kacang-kacangan akan memberikan manfaat yang maksimal dengan konsumsinya yang seimbang.

Jenis Sayuran Bunga

Jenis sayuran ini terdapat pada kol dan kembang kol. Manfaat yang terkandung di dalam jenis sayuran ini terdapat pada vitamin C. Vitamin C merupakan agen yang akan memberikan kekuatan pertahanan pada sistem imun tubuh terhadap serangan virus dari luar. Kebutuhan vitamin C ini tidak disimpan dalam tubuh, jadi tubuh perlu asupan vitamin C dari luar salah satunya dari makanan yang kita konsumsi.

Advertisements