Advertisement
Blog

Tugas Presiden

Diposkan pada: Oleh: Pada Kategori: Edukasi

Advertisement

Tugas presiden memang sangat banyak sekali baik sebagai kepala pemerintahan dan kepala negara sangat vital bagi seluruh rakyat Indonesia. Perlu kita ketahui bersama sesuai dengan fungsi lembaga negara Indonesia lainnya tugas presiden juga telah di atur dalam Undang Undang dasar negara Republik Indonesia. Dalam menjalankan tugas dan fungsinya presiden dibantu oleh beberapa menteri dalam bidang yang telah ditentukan sebelumnya.

tugas presidenDalam menjalankan berbagai tugasnya Presiden Indonesia akan mendiami istana negara. Presiden di Indonesia di pilih setiap 5 tahun sekali melalui pemilihan umum secara langsung oleh rakyat Indonesia. Presiden dapat menjabat dua kali atau dua periode jika terpilih lagi pada pemilihan selanjutnya atau jika di hitung adalah 10 tahun. Tugas presiden dalam menjalankan pemerintahan sangat penting untuk mengambil dan mengontrol keputusan strategis.

Tugas Presiden dan Wewenangnya

Berbeda dengan tugas MPR dan tugas DPR, wewenang dan tugas Presiden  yang di atur undang undang cukup vital dalam menjalankan fungsi pemerintahan. Berikut adalah tugas pokok presiden Republik Indonesia.

  1. Presiden dengan persetujuan DPR berhak menyatakan keadaan berbahaya, bahkan perang, membuat perjanjian perdamaian, dan kerja sama lainnya.
  2. Presiden memiliki tugas membuat perjanjian Internasional.
  3. Presiden membuat dewan pertimbangan yang memiliki tugas memberikan pertimbangan dan nasehat kepada presiden
  4. Memberikan grasi serta dan rehabilitasi, amnesti, dan abolisi.
  5. Mengangkat dan mengganti menteri
  6. Presiden memegang kekuasan tertinggi atas angkatan laut, udara, dan darat.
  7. Menetapkan peraturan pemerintah atau PP
  8. Memberhentikan KY dan mengangkatnya atas persetujuan DPR
  9. Memberhentikan dan mengangkat Kapolri

Tugas dan wewenang Presiden sangat banyak yang tidak bisa dijelaskan satu per satu, mengingat vitalnya tugas tersebut Presiden diharapkan merupakan sosok yang sangat berpengalaman dan tegas serta bersih dalam memimpin.

Tugas Presiden Lainnya

Tugas presiden tidak hanya yang dijabarkan di atas, presiden secara luas sangat penting dan hampir mempengaruhi kehidupan berbangsa dan bernegara. Tidak hanya untuk dalam negeri saja, presiden juga menjadi penentu penting dalam kerja sama internasional. Presiden memiliki peran dalam menjaga stabilitas ekonomi dan membuat keputusan penting lainnya dalam menjaga kedaulatan bangsa dan negara dan tetap berpedoman pada fungsi pancasila.

Presiden juga memiliki tugas sebagai kepala negara. Presiden menjadi kepala negara dan secara otomatis menjadi simbol negara Indonesia.  Menjadi kepala negara membuat presiden harus mengemban tugas yang besar, dimana seluruh kehormatan negara di semat kan pada dirinya.

Tugas Presiden Sebagai Kepala Pemerintahan

Presiden juga menjalankan tugas sebagai kepala pemerintahan, tugas presiden sebagai kepala pemerintahan adalah memegang kekuasaan terhadap eksekutif untuk melaksanakan pemerintahan sehari hari. Untuk menjalankan tugas ini presiden dibantu oleh seorang wakil presiden dan beberapa menteri untuk bidang tertentu yang di anggap vital terhadap perkembangan negara dan bangsa Indonesia.

Advertisements