Pengertian Public Relation adalah sebuah manajemen yang yang terdapat di perusahaan dan mempunyai tugas untuk merencanakan, melaksanakan serta mengevaluasi sebuah strategi yang tujuannya untuk menarik daya beli masyarakat terhadap produk perusahaan. Strategi yang digunakan dalam menarik daya beli masyarakat menggunakan konsep komunikasi masal dan tentunya dapat memberi kesan bahwa product tersebut bersifat unggul sehingga masyarakat menjadikan prioritas dalam memilih product dengan jenis barang yang sama.
Komunikasi dinilai sangat penting untuk sebuah produk agar konsumen dapat mengenal secara baik dan mengetahui keunggulan-keunggulan yang terdapat di dalam sebuah produk, salah satunya dengan mempraktikkan komunikasi bisnis.
Pengertian Public Relation
Pengertian public relation menurut beberapa tokoh yang berperan cukup besar dalam dunia Komunikasi, sebagai berikut :
“Public relations adalah suatu bentuk komunikasi yang terencana dan berlaku untuk semua jenis organisasi. Baik itu bersifat komersial ataupun non komersial, bagian dari publik atau privat, dan bersifat ke dalam atau keluar antara suatu organisasi dengansemua khayalaknya dalam rangka mencapai tujuan-tujuan spesifik yang berlandaskan pada rasa untuk saling mengerti” – Jeffkins (2003:2)
“Public relations yang modern yaitu suatu rencana tentang kebijkasanaan dan kepemimpinan yang mampu menanamkan rasa percaya publik dan pengertian dari mereka” – Oemi Abdurrachman (Dasar-dasar Public Relations:1986)
“Public relations adalah fungsi manajemen yang dapat membantu untuk menciptakan dan satu sama lain saling memelihara alur komunikasi, pengertian, dukungan, serta kerjasama antar organisasi dengan publik” – Drs.Soleh Sumirat (Dasar-Dasar Public Relations,2007:hal 13)
“Public relations adalah strategi komunikasi yang dilakukan suatu organisasi atau perusahaan dengan orang-orang yang mempunyai kepentingan dengan tujuan untuk mendapat perhatian mereka dengan cara yang menguntungkan”- Antony Davis (Everything You Should Know About Public Relations,2003:hal 3)
“Public relations adalah seni yang ditujukan agar menciptakan pengertian publik yang lebih baik yang nantinya akan berdampak pada kepercayaan publik terhadap suatu organisasi atau perusahaan akan semakin dalam” – Drs. Soleh Soemirat (Dasar-Dasar Public Relations:hal 12)
“Public relations adalah fungsi manajemen yang mendukung pembinaan dan membangun agar saling menguntungkan lewat komunikasi, pengertian, dan kerja sama yang baik antar organisasi dengan publiknya” – Harlow dan Ruslan (2007:7-8)
“Public relations adalah fungsi manajemen yang menilai sikap publik, menunjukkan kebijaksanaan serta prosedur dari individu ataupun perusahaan yang dilandasi kepentingan public dan melaksanakan rencana kerja untuk memperoleh pengertian dan pengakuan dari publik” – Glenn dan Denny Griswold (2001:26)
Selain pengertian public relations, anda juga bisa membaca pengertian komunikasi yang sangat berkaitan erat dengan public relations. Terlebih jika anda sedang menjalankan tugas sekretaris profesional dalam sebuah perusahaan, tentu harus memahami bagaimana berkomunikasi yang baik.
Staff Public Relations dan Tugasnya
Staff public relations di organisasi ataupun perusahaan umumnya terdiri atas 3 bagian yang mana nantinya secara garis besar mereka akan menjalankan tugas-tugas yang telah dipaparkan oleh tokoh-tokoh mengenai pengertian public relations di atas, yaitu memanajemen komunikasi perusahaan dengan publik. 3 bagian dari staff public relations tersebut adalah institusional relations, media relations dan government relations.
Institusional relations mempunyai tugas menjalankan hubungan dengan lembaga yang ada di masyarakat, karena lembaga tersebut sangat berpengaruh dalam kegiatan serta keberlangsungan perusahaan. Sedangkan media relations mempunyai tugas untuk menjalin hubungan dengan seluruh media mainstream sehingga isu yang muncul ke publik tetap terjaga sesuai rencana dan dapat menarik daya beli. Kemudian government relations bertugas untuk menjalin komunikasi dengan pemerintah. 3 elemen yang penting bagi public relations adalah massa, pemerintah, dan swasta.
Advertisements