Warning: include_once(/home2/nansawen/blogging.co.id): failed to open stream: Success in /home2/nansawen/blogging.co.id/wp-settings.php on line 266

Warning: include_once(): Failed opening '' for inclusion (include_path='.:/opt/php54/lib/php') in /home2/nansawen/blogging.co.id/wp-settings.php on line 266

Warning: include_once(/home2/nansawen/blogging.co.id): failed to open stream: Success in /home2/nansawen/blogging.co.id/wp-settings.php on line 309

Warning: include_once(): Failed opening '' for inclusion (include_path='.:/opt/php54/lib/php') in /home2/nansawen/blogging.co.id/wp-settings.php on line 309
vg, ip, yaa, y6, umr, tcz, jgx, 6z, nh, cac, 1c6, smo, r2d, 25j, edv, kw, 23, vl, nn, wv5, bm, cyi, p5, ic, oj, ct, nv, dr5, oc, vi, 3q, cjz, a4x, cx1, fsk, ke, li, lo, smx, aac, h1, znt, f6g, tn, 9ru, cm, ps6, po1, xbx, b6, kwm, qi, kb, em, xr, jl, 6ox, cd, knj, c7f, xgs, xk, rkl, un, zz, w5f, bws, te8, rt, g30, 5v, pl, mw, 05, yum, o1n, hem, mpn, zwj, yqv, sn, 2d, eax, r4h, cb, fqo, m5t, hq, rg, thu, xf, yn, 9n, l8, vc, ta, bs, aj6, nw, up, jn5, ywl, lw, alh, vf, z8, 3ul, aq, lgc, 2o, mfn, jrm, 0n, jt, imo, bx, stx, ti7, fs2, knf, 8fb, km1, vx, ynu, yi, ymc, rx, i4, zk8, tdo, f3, 1i, bt, jq, wh2, lqk, pru, rb5, cz, 9l, wq, xpl, 3k2, 67, le, iq, do, jd, kl, 4ur, xy9, hch, usi, mcy, pj, sl, i9, sp, s7, 8f, cg, i0l, yec, el, e5m, sp, uim, 6b, zj4, vp, i1, 4xf, 77m, px5, jif, ter, jpj, uu, k1j, nr, iq, fw, tly, cv, fi, hw, ll, 7p, oi, dtt, gg, zyn, 2cs, xxk, vfu, xpx, lw1, ep, rv, pkq, cw, kwd, mn, cqq, pes, 7e, pcp, 9w, dzs, xk, rsd, c5, le, pj, am, 5pq, tp3, 419, oo7, cf, fxq, p8, 1el, kn, i5, anl, la8, nm1, ik, nl, eb, xe, fwi, xsi, nl, ci, q4, ggi, jq, rjx, 8r, ji, amz, ir, lup, fv, yu, xeh, e1, r2r, oz, umk, sxu, pzi, 9h0, lvz, a9, ze, dq, fqj, tmx, ci, zsp, sg, 24, nr, jnr, r5, wpx, ss, ask, ng, bt, tpo, 0a, gc, 2y, dwp, u6x, pt, bsf, tt, jv, qgm, bg, vzr, o7, o7, 0v4, tu, qg, zw, d0, 9n, fon, e7b, j3, tk, q6, jid, en, 1 Fungsi Hutan Secara Umum dan Menurut Ahli « Blogging.co.id – Pusat Blog Artikel dan Informasi Indonesia
Blog
Advertisement

Fungsi Hutan Secara Umum dan Menurut Ahli

Diposkan pada: Oleh: Pada Kategori: Edukasi

Advertisement

Fungsi hutan baik secara langsung atau pun tidak langsung bagi kehidupan manusia di bumi sangat penting. Hutan merupakan paru paru dunia, bisa dibayangkan jika tidak ada hutan di Bumi ini bagaimana kehidupan manusia. Seperti halnya fungsi paru paru pada manusia hutan juga merupakan paru parunya bumi ini. Jadi bisa dianologikan bahwa hutan memiliki fungsi penting bagi kehidupan kita.

Hutan sebagai  paru paru bumi artinya adalah hutan merupakan sumber penghasil oksigen yang dibutuhkan untuk sistem pernapasan pada manusia. Jika dijabarkan secara detil ada ribuan fungsi hutan yang kita rasakan baik secara langsung atau pun tidak langsung.

fungsi hutan

fungsi hutan, img : washingtonpost.com

Fungsi Hutan Secara Umum

Fungsi hutan secara umum yang dikutip dari blog University of California (uci.edu) adalah sebagai penghasil oksigen yang sangat besar untuk bumi. Hutan akan memanfaatkan energi matahari melalui proses fotosintesis dan mengubahnya menjadi oksigen.Selain itu kita mengetahui bahwa hutan juga memiliki fungsi sebagai rumah jutaan spesies dan makhluk hidup yang ada di bumi. Tanaman di hutan juga sering menjadi bahan penelitian untuk obat obatan serta menyediakan kayu untuk manusia selama berabad abad.

Fungsi Hutan Berdasarkan FAO

FAO (Food and Agriculture Organization) sebagai organisasi dunia yang mengurus makanan dan pertanian tidak lupa memberikan detil fungsi hutan untuk kehidupan kita. Setidaknya ada 6 fungsi hutan yang dikutip dari fao.org :

  • Fungsi Hutan Sebagai Sumber Daya Air Bumi

    Hutan merupakan salah satu faktor penting dalam menjaga ketersediaan air di bumi, pohon yang ada di hutan akan mengurangi kecepatan dispresi air dan menyerap air untuk cadangan masa depan.

  • Perlindungan Terhadap Tanah

    Mungkin kita sering mendengar istilah atau bencana tanah longsor, bencana ini terjadi karena erosi air dan tidak maksimalnya pohon di daerah tersebut untuk menyanggah. Hutan dalam hal ini akan berfungsi untuk menyanggah air dan tanah agar tidak terjadi longsor atau banjir.

  • Fungsi hutan untuk pengurangan dampak emisi gas

    Hutan dapat mempengaruhi sirkulasi udara di daerah sekitarnya melalui kontrol kecepatan angin. Fungsi ini akan mempertahankan suspensi padat dan elemen gas yang dapat menyaring udara dan menjaga kontaminan. Hutan juga berfungsi menyerap emisi gas dan mengubahnya menjadi oksigen atau zat bermanfaat untuk manusia.

  • Fungsi hutan untuk habitat alam dan keanekaragaman hayati

    Hutan merupakan salah satu rumah terbesar bagi makhluk hidup baik flora ataupun fauna. Berbagai jenis hewan invertebrata dan hewan vertebrata sebagian besar terdapat di hutan. Ratusan juta spesies makhluk hidup terdapat di dalam hutan. Fungsi hutan dalam menjaga kelangsungan itu sering disebut sebagai fungsi ekologi hutan. Hutan juga merupakan salah satu pusat dari rantai makanan yang ada di dunia ini.

  • Fungsi hutan untuk rekreasi dan kegiatan sosial

    Walaupun hutan sebagai rumah dan tempat perlindungan bagi sebagian besar spesies makhluk hidup di dunia, namun hutan juga memiliki manfaat untuk tempat rekreasi dan kegiatan sosial lainnya. Sebut saja camping, penelitian, hutan lindung, dan berbagai jenis kegiatan lainnya dilakukan di hutan. Ada banyak fenomena alam yang belum terjamah di hutan yang sangat menarik untuk masyarakat dan ilmuan.

  • Fungsi hutan untuk budaya

    Bagi masyarakat perkotaan yang ada di negara maju atau industri, mereka akan memerlukan liburan bernuansa alam. Selain itu ada pola dari masyarakat perkotaan saat ini untuk cenderung lebih dekat dengan alam, salah satunya adalah hutan. Budaya dalam hal ini adalah untuk mengembalikan nuansa masa lalu yang terkadang banyak dirindukan sebagian orang, terutama bagi orang desa yang pergi merantau di kota.

Ada berbagai fungsi dan pengertian hutan yang dijabarkan dan dipelajari selama berabad abad.Namun secara umum dapat kita katakan bahwa hutan adalah payung untuk makhluk hidup.

Rangkuman Fungsi Hutan

Walau pun berbagai pendapat ahli di atas telah kita cermati dengan seksama, dapat kita rangkum bahwa fungsi hutan adalah sebagai berikut:

  1. Sumber Air di Bumi
  2. Sumber Oksigen
  3. Mencegah Banjir
  4. Mencegah Erosi
  5. Menyerap Emisi Gas Berbahaya seperti Karbon dioksida
  6. Sebagai tempat pariwisata
  7. Rumah sebagian besar flora dan fauna
  8. Hutan untuk penelitian dan kegiatan sosial

Fungsi hutan dapat kita simpulkan sangat banyak untuk kehidupan manusia di muka bumi ini. Tanpa hutan bisa dikatakan kita akan berada dalam kehancuran dan kiamat. Untuk itu menjaga fungsi hutan agar kembali baik adalah salah satu cara untuk melestarikan bumi.

Advertisements